Penyakit Kelumpuhan Ayam Petarung

Penyakit Kelumpuhan Ayam Petarung

Penyebab Ayam petarung Lumpuh Dan Tips Cara Untuk Mengobatinya

Penyakit Kelumpuhan Ayam Petarung, Anda mungkin merasa sangat sedih dan panik jika Ayam petarung favorit Anda menjadi lumpuh.

Agen sabung ayam online terpercaya akan memberikan informasi terkait diskusi ini. Jika ayam petarung Anda lumpuh pasti tidak akan bisa bersaing di arena.

Penyembuhan juga tidak bisa dilakukan dengan proses yang cepat karena membutuhkan waktu dan penanganan yang tepat oleh bobot. Selama perawatan, Pengadu bisa mencoba berbagai cara tradisional yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Untuk pelayanan cepat, jika ayam petarung Anda lumpuh, segera pisahkan ayam petarung dari kandang ayam lainnya.

Penyebab ayam petarung lumpuh

Ada banyak penyebab ayam lumpuh, namun pertama-tama kita perlu mencari penyebab sebenarnya agar obat yang kita berikan tepat. Masalahnya adalah ayam (dan hewan lain) tidak dapat berbicara. Oleh karena itu, terkadang kita tidak mengetahui penyebab pastinya sakit. Akibatnya seringkali obat yang salah, dan ayam tidak kunjung sembuh. Untuk itu, kita perlu cerdik melihat tanda-tanda ayam sakit. Dalam kasus kelumpuhan, Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada ayam petarung kesayangan anda

1. Penyakit.

Penyakit ayam yang sering menyebabkan kelumpuhan salah satunya adalah tetelo (ND). Sebagian besar ayam yang terserang akan mati. Namun jika sudah divaksinasi atau kekebalannya cukup kuat, biasanya ayam yang diserang akan terlihat “liar” dan lama kelamaan akan menjadi lumpuh. Setahu saya, tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya karena penyakitnya menyerang saraf dan sistem pernapasan. Penyakit lain seperti cacar akut, merk dan komplikasi CRD (kondisinya tentu parah).

2. Terkilir atau bengkok.

Gejala pertama tentu saja pincang. Seiring waktu, dia tidak bisa berjalan. Untuk menemukan area yang sakit, sentuh bagian kaki ayam dari ujung kaki hingga selangkangan. Biasanya area yang sakit akan terasa lebih hangat dibandingkan area lainnya. Rawat dengan lotion atau anggur. Anda juga bisa menggunakan trombopop. Beberapa orang merobek rambut mereka di area tersebut sakit atau cukur dia dulu.

3. Luka.

Mungkin ini adalah sumber termudah untuk ditemukan. Temukan sumbernya dan kemudian sembuhkan. Luka yang menyebabkan kelumpuhan biasanya pembengkakan pada telapak kaki atau lutut (pulpa kendur). Keduanya sulit dan mudah disembuhkan. Ia harus rajin berobat.

4. Ayam yang lumpuh / dengkelan,

karena memakan bangkai yang mengandung cacing dan bakteri clostridium, racun clostridium ini dapat menyebabkan kelumpuhan. Pengobatan awal dapat diberikan 20% arang selama 1-2 hari, selanjutnya dapat diberikan neurobion.

5. Lumpuh karena stres setelah bertanding.

Ayam mudah stres dan tidak berpengalaman, jadi setelah berkelahi, saraf mereka terlalu tegang dan lelah, dan mereka menjadi lumpuh. Selama manipulasi, bagian yang lumpuh dipanaskan (Anda bisa menggunakan jamu atau agen pijat, dll.) Agar saraf berjalan lancar. diberikan vitamin untuk anti stress + neurobion untuk syaraf. Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin A dan D untuk membantu mendukung perkembangan otot. Penanganan ini bisa cepat atau lambat, tergantung kondisi ayam

6. Lumpuh karena virus Marek.

Ini yang paling sulit diatasi karena virus Marek biasanya membentuk tumor / neoplasma di organ dalam. Kalaupun tersentuh, masih sulit sembuh karena organ dalam sudah rusak.

7. Lumpuh akibat borok / luka pada persendian kaki / sisik dan infestasi kutu hingga terjadi peradangan.

Penanganannya bersih dan menyikat kandang dengan Lysol / Phenol, area luka juga dibersihkan dengan air Bayclin 1+ 9. Setelah kering, berikan Betadine dan tutup dengan salep anti inflamasi. Anda bisa memberi ayam 1 siung bawang putih kecil setiap hari selama 5 hari dan membersihkan area yang meradang secara menyeluruh. Jika bengkak dan merah, Anda juga bisa memberi amoksisilin 1/4 tablet setiap hari selama 4 hari.

8. Kekurangan vitamin.

Kekurangan kalsium dan zat besi dapat menyebabkan kelumpuhan pada ayam (terutama yang masih muda). Solusinya tentu saja memberi ayam kedua jenis vitamin tersebut.

Jadi yang terpenting adalah menemukan penyebabnya terlebih dahulu baru kemudian menentukan obat yang tepat. Hal ini juga saya alami pada ayam saya (juga berumur 7 bulan). Secara keseluruhan, ayam saya kekurangan vitamin.

Pengobatan Secara Tradisional

Obat tradisional untuk ayam petarung menderita kelumpuhan Jika sudah mengetahui secara pasti penyebab kelumpuhan ayam petarung anda, anda bisa memberikan obat tradisionla agar ayam petarung bisa sembuh.

1. Perawatan menggunakan ramuan alami, contohnya sebagai berikut.

Daun serai/serei sangat bermanfaat untuk kesehatan ayam bila ayam terkena kelumpuhan. Penggunaan daun serai tidak akan menimbulkan efek samping apapun dari penggunaan ramuan ini.

Cara pengobatan ini sangat mudah yaitu dengan mengocok daun serai setelah dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang lumpuh seperti pada kaki ayam. Selain serai, Anda juga bisa menggunakan bahan dapur seperti bawang merah yang bisa membantu menyembuhkan ayam lumpuh.

Rasa bawang yang menyengat dapat membantu menyembuhkan ayam yang menderita kelumpuhan ayam. Jahe (Tumbuhkan potongan kecil jahe matang dan campur dengan pakan ayam petarung).

Daun Kemangi (Campurkan daun kemangi dan ragi tapai untuk konsumsi harian, bahkan seminggu sekali di ayam petarung).

2. Multivitamin, fungsi pengiriman multivitamin untuk membuat Ayam petarung Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Pada akhirnya selama masa penyembuhan, ayam petarung tidak mudah terserang penyakit lain.

3. Memijat badan ayam, bila tidak dilakukan dengan pengobatan daun serai
4. Suhu hangat di dalam kandang, terutama pada malam hari.
5. Jangan Memandikan ayam disaat lumpuh

Masih banyak lagi penyembuhan yang bisa Anda lakukan. Selain pengobatan, ada juga pengobatan lain dari biasanya. Perlu kesabaran dalam perawatan ayam yang lumpuh.

Jadi jangan sampai ayam-ayam tersebut menderita kelumpuhan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyembuhkan ayam yang lumpuh tersebut agar bisa bergabung kembali dengan adu ayam. Begitu banyak oenjelsan untuk merawat ayam yang lumpuh.

Semoga membantu menyembuhkan ayam aduan yang menderita kelumpuhan.

Baca juga : Mencegah Flu Burung Ayam Petarung