Mencegah Flu Burung Ayam Petarung

Mencegah Flu Burung Ayam Petarung

Mencegah Flu Burung Ayam Petarung

Mencegah Flu Burung Pada Ayam Petarung dengan Baik

Mencegah Flu Burung Pada Ayam Petarung bisa dilakukan dengan benar. Dan berikut adalah beberapa cara untuk Mencegah penyakit tersebut.

Sebab penyakit flu burung ini merupakan salah satu tipe penyakit mematikan yang mudah menyerang unggas semua jenis termasuk ayam Petarung. Penyakit ini juga dapat menyerang manusia yang pernah marak beberapa tahun lalu.

Jadi berikut ini adalah beberapa hal yang dapat di lakukan untuk Mencegah flu pada ayam Petarung peliharaan.

Mengenali tanda ayam Petarung yang terkena Flu Burung

Hal pertama yang dapat di lakukan adalah mengenali tanda – tanda terjangkitnya virus flu burung pada ayam Petarung.

Karena hal tersebut menjadi faktor penting dalam pencegahan virus flu . Dan Mencegah penyebaran virus flu ke unggas lain di dalam lingkungan pemeliharaan dan juga peternak unggas.

Untuk Ciri unggas yang terjangkit oleh virus ini adalah sebagai berikut.

a. Unggas terlihat lemas saat makan.

b. Jengger terlihat merah pucat

c. Unggas tampak tidak sehat dan memiliki bulu yang buram seperti kotor.

d. Jarang bergerak dan sering terlihat mengantuk.

Jaga Kebersihan Kandang

Supaya tidak mudah terkena virus flu burung maka kamu harus memperhatikan kebersihan dan rutin dalam pembersihan kandang unggas yang di peliharan.

Karena kandang kotor menjadi salah satu faktor penyebab dari ayam terkena virus flu burung. Dan menjadi hal yang menyebabkan penyebaran dari penyakit tersebut.

Selain kebersihan kandang, anda harus memperhatikan juga alat yang di pakai oleh ayam seperti tempat pakan dan juga tempat minuman. Sekaligus tangan kalian sebelum dan setelah membersihkan kandang.

Jika tempat minum ayam dibiarkan hingga muncul lumut. Kamu harus secara rutin membersihkan tempat minumnya, dan mengganti dengan air baru yang bersih dan steril.

Pemberian Vitamin

Berikan ayam suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan unggas yang di pelihara. Dimana penyakit flu tidak mudah menjangkit unggas yang masih sehat.

Oleh karena itu, silahkan tambahakn minuman unggas dengan vitamin yang berkualitas untuk tempat minuman bersama di kerumunan ayam Petarung. Dan berikan pakan terbaik  yang memiliki gizi juga nutrisi dalam menjaga kesehatan dari unggas .

Dengan makanan yang berkualitas, daya tahan dari unggas akan terjaga sehingga unggas tidak mudah terkena flu burung tersebut.

Karantina Ayam Yang Memiliki Ciri – Ciri Terkena Flu

Penularan flu burung di ayam Petarung bisa di amati dengan mudah. Dimana jika terdapat unggas dengan tanda – tanda bahwa unggas tersebut terkena flu .

Maka kalian harus memisahkan ayam tersebut dari ayam lain dan di karantina. Apabila unggas tersebut benar – benar terkena flu baran, maka kalian harus bakar unggas tersebut agar tidak menginfeksi ayam lain.

Hal tersebut akan Mencegah penyakit flu burung menyebar ke unggas lain.

Memberi Vaksin Flu ke Unggas

Hal lain yang di lakukan setelah membakar unggas yang positif terkena flu burung adalah memberi vaksin kepada unggas lain yang belum terkena. Karena dengan memberikan vaksin, rantai penyebaran virus flu  akan terputus dan anda tidak akan mendapatkan kerugian yang besar.

Karena virus flu burung sangat mudah menular ke unggas lain. Dan hal tersebut termasuk hwan lain bahkan manusia dapat mengidap penyakit flu ini.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum dan setelah berinteraksi dengan unggas, kalian mencuci tangan dengan baik dan benar.

Mencegah Flu Burung Pada Ayam Petarung : Astragalus

Untuk mengatasi problem dari virus flu , kalian harus ketahui beberapa obat herbal yang dapat menambahkan kekebalan tubuh dari ayam. Dimana salah satu ramuan yang baik untuk hal tersebut adalah rempah astragalus.

Dimana rempah astragalus sering di pakai oleh pemelihara dan peternak ayam Petarung sebagai penambah stamina dan juga memperbaiki kekebalan tubuh dari ayam Petarung terutama petarung di sabung ayam.

Echinacea

Ramuan herbal lain yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan virus flu burung adalah memakai tanaman Echinacea. Dimana unggas ini di kenal dengan fungsinya sebagai obat anti racun dan menetralkan darah.

Tanaman ini juga berfungsi sebagai peningkat kerja kekebalan tubuh sehingga flu burung tidak mudah menyerang ayam.

Bawang Putih

Ektrak bawang putih merupakan senyawa yang sering di gunakan sebagai bahan obat. Dimana bawang putih adalah salah satu obat yang dapat mengatasi masalah flu brung.

Dimana untuk menyajikan bawang putih terhadap ayam Petarung dapat di lakukan dengan melumat bawang putih hingga halus dan di campurkan ke makanan ayam.

Forysthia

Tanaman herbal ini merupakan tanaman yang bermanfaat pada ayam sebagai anti virus yang mudah di temui di Asia. Dan tanaman tersebut dapat di berikan kepada ayam aduan dan juga sangat bermanfaat untuk menangkal virus flu burung menyerang kesehatan ayam petarung

Kunyit

Kunyit merupakan rempah – rempah yang sering di pakai sebagai obat alami yang fungsinya sebagai anti inflamasi bernama kurkumin. Sehingga kunyit menjadi salah satu pengobatan alami untuk mengatasi virus flu burung.

Mencegah Flu Burung Pada Ayam Petarung dengan Bubuk Cabai

Memakai bubuk cabai dapat juga di lakukan kepada ayam yang telah terjangkit virus flu . Dimana bahan ini dapat meningkatkan stamina ayam agar kembali sehat. Dan membantu ayam dalam melawan penyakit flu ini.

Oleh karena itu penyakit ini adalah salah satu penyakit yang cukup fatal dan dapat menyerang semua jenis unggas termasuk ayam petarung. Penyakit ini juga dapat menyerang manusia yang pernah marak beberapa tahun lalu.

Baca juga : Ciri Kaki Bangkok Super Dan 3 Tipe Ayam Juara